Pemeriksaan radiologis merupakan salah satu pemeriksaan yang dibutuhkan untuk menentukan rencana perawatan bahkan keberhasilan perawatan. Cone beam computed tomography 3- dimension (CBCT 3D) merupakan alat radiografi yang beresolusi tinggi yang menghasilkan pencitraan secara 3-dimensi untuk memenuhi kebutuhan informasi perawatan gigi dan mulut.

Alat tersebut menghasilkan pencitraan secara tiga dimensi yang meliputi bidang aksial, koronal dan sagital serta dapat mengukur densitas tulang. Hasil yang diperoleh berupa grafik densitas dengan nilai maksimal dan minimal, serta perbedaan pemetaan warna untuk memberi nilai kepadatan tulang rahang dari setiap voxel serta dapat divisualisasikan sehingga dapat mengukur kualitas tulang

Aplikasi alat CBCT3D dalam bidang kedokteran gigi dapat digunakan pada saat pemasangan implan, pemeriksaan kelainan oromaksilofasial dan sendi temporomandibula, bedah ortognatik, kasus gigi impaksi, kelainan tulang, trauma pada rahang atas dan bawah, dan evaluasi penyakit sinus.

CBCT 3D dapat mengatasi masalah radiografi yang telah ada sebelumnya, seperti kurang akuratnya pengukuran tebal tulang yang tersisa, kelengkapan detail jaringan keras, dosis radiasi yang cukup besar untuk pasien,dan tampilan struktur anatomi dari satu aspek saja dalam satu kali pengambilan gambar.

CBCT 3D termasuk teknologi baru sehingga memiliki beberapa kelebihan, yaitu dosis paparan lebih rendah, waktu paparan radiasi cepat, peralatan lebih kecil dan ringan, radiograf tiga dimensi depan memanipulasi, tersedia fasilitas mengukur panjang, derajat kemiringan, panjang lengkung rahang, derajat densitas tulang, dan sebagainya. Kelebihan dari CBCT, antara lain tampak lebih detil dalam mengganti struktur jaringan tulang sebab solusi kontras tinggi, tidak menimbulkan rasa nyeri, akurat dan non invasif, pemeriksaan cepat dan mudah, lebih komplit menghalangi terjadinya superimposed dari kesan struktur superfisial atau ke dalam area fokus pada pasien,merencanakan operasi pre-implan secara efektif, dan mengurangi waktu operasi sebagai hasil diagnostik yang akurat